Teknis Aplikasi GibGro 10 SP

Peran GibGro 10 SP pada tanaman padi

Bulir padi melimpah adalah harapan setiap petani padi. GibGro 10 SP dengan kandungan asam Giberelin 10 % sudah dikenal sejak lama sebagai “suplemen” padi yang berperan dalam meningkatkan hasil panen padi.

GibGro 10 SP berperan dalam pembelahan sel, menyeragamkan pembungaan dan proses pengisian gabah agar terisi sempurna. Bulir padi akan terisi penuh dari pangkal hingga ujung malai. Malai yang dihasilkan akan lebih panjang, sehingga jumlah bulir per malai akan meningkat dibandingkan tanpa aplikasi GibGro 10 SP.

CSC_0174

Dari hasil percobaan yang sudah dilakukan oleh tim riset PT Nufarm Indonesia, GibGro 10 SP terbukti meningkatkan produksi gabah kering panen per hektar hingga 20 % atau rata-rata meningkat sekitar 1,2 – 1,5 ton per hektar.

Dengan harga gabah yang cukup baik dalam beberapa tahun terakhir ini, petani bisa mendapatkan tambahan minimal Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) per hektar hanya dengan dengan menambahkan GibGro sekitar Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah) untuk membeli GibGro sebanyak 1 kotak (40 sachet) untuk 1 hektar.

Teknis aplikasi GibGro 10 SP

Rekomendasi penggunaan GibGro 10 SP adalah dua kali aplikasi, dengan dosis atau takaran 20 gram per hektar setiap aplikasi. Sehingga kebutuhan GibGro 10 SP untuk 1 hektar per musim adalah 40 gram.

GibGro 10 SP dikemas dalam kemasan 1 gram per sachet. Dalam satu kotak atau inner box GibGro 10 SP berisi 40 sachet, sehingga memudahkan pengguna dalam aplikasi, cukup 1 kotak untuk 1 hektar.

1 kotak 1 hektar03
1 Kotak GibGro 10 SP untuk kebutuhan 1 Hektar tanaman padi

Rekomendasi aplikasi GibGro 10 SP yaitu sebanyak 2 kali pada umur 45 dan 65 Hari Setelah Tanam (HST)

Aplikasi pada umur 45 HST atau fase primordia padi sangat penting, bertujuan untuk mempersiapkan potensi keberhasilan penyerbukan dan pembuahan serta menambah potensi ukuran/panjang malai padi. Aplikasi pada fase ini juga membantu keserempakan berbunga, sehingga meningkatkan potensi keberhasilan pembungaan padi.

Aplikasi pada umur 65 HST berfungsi untuk memaksimalkan proses pengisian gabah, sehingga mengurangi gabah hampa/hampa punduk, bobot bulir padi lebih tinggi, padat dan berisi.

Untuk memaksimalkan hasil dan daya tahan tanaman terhadap penyakit, dianjurkan aplikasi GibGro 10 SP dicampur dengan fungisida Sinergy 300 EC dengan takaran 250 ml/Ha untuk membuat tanaman lebih sehat dan hasil lebih dahsyat.

Picture4
Waktu Aplikasi GibGro 10 SP

Untuk memudahkan teknis aplikasi GibGro 10 SP, dibawah ini tabel kebutuhan GibGro 10 SP per tanki semprot dengan berbagai macam variasi tanki semprot yang biasa digunakan oleh petani :

Jenis Aplikator Volume per Tanki Kebutuhan GibGro per Tanki
Sprayer Punggung Manual 14 Liter 1 Sachet
Sprayer Elektrik 16 Liter 2 Sachet
Sprayer Mesin 20 Liter 3 Sachet

Beragam manfaat didapatkan dari GibGro 10 SP untuk tanaman padi. Saatnya anda menjadi bagian dari petani sukses lainnya dengan menggunakan GibGro 10 SP.

HRY

Advertisements

One thought on “Teknis Aplikasi GibGro 10 SP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s